Pintu Air Manggarai Masih Siaga III

17/01/2009 13:58

Jakarta: Pintu Air Manggarai, Jakarta Selatan, Sabtu (17/1) hingga pukul 10.20 WIB, masih ditetapkan dalam keadaan siaga III. Sebab, ketinggian air masih di atas batas normal, yakni 765 sentimeter. Dalam kondisi normal, ketinggian normal permukaan air di Pintu Air Manggarai adalah 750 cm. "Sedangkan ketinggian Pintu Air Katulampa, Bogor, 70 sentimeter atau di bawah batas normal 80 sentimeter, dan Pintu Air Depok 155 sentimeter atau di bawah batas normal 200 sentimeter," kata Ibnu, salah satu petugas Pintu Air Manggarai.

Ibnu menjelaskan, dengan ketinggian air di Pintu Air Depok dan Katulampa tersebut, maka wilayah Jakarta masih aman dari kemungkinan terkena banjir kiriman. "Saat ini, kondisi cuaca di Bogor dan Depok terang, hingga warga Jakarta masih aman dari banjir kiriman," kata Ibnu.

Sementara itu, prakiraan cuaca di Jakarta dan wilayah sekitar (Jabodetabek) sepanjang hari ini berdasarkan rilis Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Pusat, hujan akan terus mengguyur secara merata. Untuk wilayah Jakarta Pusat pada pagi (00.05-12.05 WIB) dengan hujan ringan, siang (12.05-18.00 WIB) hujan sedang, dan malam (18.05-24.00 WIB) hujan sedang.

Jakarta Utara pada pagi hari diguyur hujan ringan, siang hari hujan lebat dan malam hujan sedang, Jakarta Selatan pada pagi hari diguyur hujan ringan, siang hari hujan lebat, malam hari hujan sedang, Jakarta Timur pagi hari hujan ringan, siang hari hujan sedang, dan malam hari hujan sedang.

Selanjutnya, Jakarta Barat pagi hari diguyur hujan ringan, siang hari hujan lebat, dan malam hari hujan sedang, serta Kepulauan Seribu pagi hari berawan, siang hari hujan sedang, malam hari hujan sedang.

Bogor pagi hari hujan ringan, siang hari hujan sedang, malam hari hujan sedang, Tangerang pagi hari berawan, siang hari hujan lebat, dan malam hari hujan sedang. Sedangkan, Bekasi pagi hari hujan sedang, siang hari hujan sedang, malam hari hujan sedang, serta Depok pagi hari hujan sedang, siang hari hujan lebat, dan malam hari hujan sedang.

BMG memperingatkan untuk tetap waspada dengan potensi hujan yang hampir merata dengan intensitas ringan-sedang, kadang lebat yang disertai kilat atau petir, terutama pada menjelang siang, sore dan malam hingga menjelang pagi hari.(ANS/ANTARA)